Breaking News

Tuesday, February 21, 2017

PROFIL MI HAYATUL ISLAM

PROFIL  

MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAM

MOROSUNGGINGAN PETERONGAN JOMBANG

A. PENDAHULUAN

 Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk meraih kehidupan yang lebih maju dan bermartabat, oleh karena itu tidak ada satupun bangsa yang maju yang tidak didukung oleh keberhasilan dibidang pendidikannya.
 Menyadari hal tersebut, MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan Jombang yang  merupakan salah satu lembaga pendidikan formal dilingkungan LPI Hayatul Islam berusaha menyukseskan program-programnya. Namun demikian banyak faktor yang menjadi kendala dan penghambat sehingga pelaksanaannya belum maksimal. Salah satu faktornya adalah  sarana pendidikan yang minim dan kurang memadai.
Untuk itu MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan Jombang bersama dengan unit-unit pendidikan yang lain yang berada dilingkungan LPI Hayatul Islam juga dengan swadaya dari masyarakat sekitarnya terus berusaha  merencanakan dan melakukan perbaikan ruang kelas sehingga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pendidikan bagi peserta didik, namun karena banyaknya keterbatasan yang ada maka dalam pelaksanaannya belum seperti yang diharapkan.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan di MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan Jombang adalah sebagai berikut :
  1. Melaksanakan program pendidikan yang bermutu dan berkualitas.
  2. Menyediakan sarana yang memadai dan berstandart Nasional serta  memenuhi kebutuhan peserta didik.
Sedangkan tujuannya adalah :
  1. Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan.
  2. Meningkatkan prestasi belajar siswa.
  3. Mencetak alumni (out put) yang bermanfaat bagi pribadi, masyarakat dan lingkungannya.

 




C. VISI DAN MISI MADRASAH

Visi Madrasah :
“ Mencetak generasi beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berilmu pengetahuan tinggi dan berwawasan global “.

Indikator visi :
1.      Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
2.      Mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kebaikan pribadi, masyarakat dan lingkungannya (Imtaq).
3.      Mampu menjadi contoh yang baik (uswatun hasanah) dalam kehidupan bermasyarakat.

Misi Madrasah :
Menjalankan Aqidah melalui ajaran agama Islam serta mengembangkan IPTEK, Bahasa, Olah raga dan seni budaya sesuai dengan minat, bakat dan potensi peserta didik”.

D. KONDISI MADRASAH

Lokasi Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islam berada di desa Morosunggingan Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang yang sebagaian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh tani, buruh pabrik dan Pegawai.
Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islam hadir ditengah – tengah masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut bantuan pemerintah sangat diharapkan.
Madrasah Ibtidaiyah Hayatul Islam saat ini dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar mengunakan ruang kelas yang belum layak dan belum memenuhi standar unut melaksanakan Proses Belajar Mengajar.

E. TARGET PEMBANGUNAN

1.        Meningkatkan mutu pendidikan di MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan Jombang.
2.        Terpenuhinya sarana pendidikan yang memadai agar suasana kegiatan belajar mengajar menjadi kondusif dan representatif.

 

F. SUSUNAN KEPENGURUSAN

1.   Ketua Yayasan                        : Zainal Arifin
2.   Kepala Madrasah                    : Abd. Ghofur, S.Pd
3.   Kordinator Administrasi         : Mukhammad Al Azhar, S.Pd
4.   Bendahara                   : Muhibbuddin Rohman SE.
5.  Guru                             : 1. Abd. Ghofir, S. Pd
                                            2. Syamsul Ma’arif, S.Pd.I
                                            3. Eni Hafidhoh US. S.Pd.I
                                            4. Moh. Taromin
                                            5. Aminatus Sholihah, S.Pd.I
                                            6. M. Choiruddin, S.Pd.I
 DATA SISWA DALAM 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
Tahun Pelajaran
Kelas I
Kelas II
Kelas III
Jumlah
Rombel
Jumlah Siswa
Jumlah
Rombel
Jumlah Siswa
Jumlah
Rombel
Jumlah Siswa
L
P
L
P
L
P
2014/2015
1
15
16
1
8
16
1
10
16
2015/2016
1
11
12
1
15
17
1
10
15
2016/2017
1
11
12
1
9
13
1
15
17


Kelas IV
Kelas V
Kelas VI
JUMLAH
Jumlah
Rombel
Jumlah Siswa
Jumlah
Rombel
Jumlah Siswa
Jumlah
Rombel
Jumlah Siswa
Rombel
Siswa
L
P
L
P
L
P
L
P
1
12
17
1
13
18
1
15
16
6
68
104
1
9
16
1
11
18
1
11
19
6
67
97
1
11
15
1
9
16
1
11
18
6
66
91

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates