PROFIL
MADRASAH IBTIDAIYAH HAYATUL ISLAM
MOROSUNGGINGAN
PETERONGAN JOMBANG
A. PENDAHULUAN
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat
penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk meraih kehidupan
yang lebih maju dan bermartabat, oleh karena itu tidak ada satupun bangsa yang maju
yang tidak didukung oleh keberhasilan dibidang pendidikannya.
Menyadari hal tersebut,
MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan
Jombang yang merupakan salah satu lembaga
pendidikan formal dilingkungan LPI
Hayatul Islam berusaha menyukseskan
program-programnya. Namun demikian banyak faktor yang menjadi kendala dan penghambat
sehingga pelaksanaannya belum maksimal. Salah satu faktornya adalah sarana pendidikan yang minim dan kurang
memadai.
Untuk itu MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan Jombang bersama dengan unit-unit
pendidikan yang lain yang berada dilingkungan LPI Hayatul Islam juga dengan swadaya dari masyarakat
sekitarnya terus berusaha merencanakan
dan melakukan perbaikan ruang kelas sehingga dapat dimanfaatkan untuk
peningkatan mutu pendidikan bagi peserta
didik, namun karena banyaknya keterbatasan yang ada maka dalam
pelaksanaannya belum seperti yang diharapkan.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun
maksud dilaksanakannya kegiatan di MI Hayatul Islam Morosunggingan Peterongan Jombang adalah sebagai berikut
:
- Melaksanakan program pendidikan yang bermutu dan
berkualitas.
- Menyediakan sarana yang memadai dan berstandart
Nasional serta memenuhi kebutuhan peserta didik.
Sedangkan tujuannya adalah :
- Menciptakan suasana belajar yang kondusif dan
menyenangkan.
- Meningkatkan prestasi belajar siswa.
- Mencetak alumni (out put) yang bermanfaat bagi pribadi,
masyarakat dan lingkungannya.
C. VISI DAN MISI MADRASAH
Visi Madrasah :
“ Mencetak generasi beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, berilmu
pengetahuan tinggi dan berwawasan global “.
Indikator visi :
1.
Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
2.
Mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kebaikan
pribadi, masyarakat dan lingkungannya (Imtaq).
3.
Mampu menjadi contoh yang baik (uswatun hasanah) dalam
kehidupan bermasyarakat.
Misi Madrasah :
“ Menjalankan Aqidah melalui
ajaran agama Islam serta mengembangkan IPTEK, Bahasa, Olah raga dan seni budaya
sesuai dengan minat, bakat dan potensi peserta didik”.
D. KONDISI MADRASAH
Lokasi Madrasah Ibtidaiyah
Hayatul Islam berada di desa Morosunggingan Kecamatan Peterongan Kabupaten
Jombang yang sebagaian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh
tani, buruh pabrik dan Pegawai.
Madrasah Ibtidaiyah Hayatul
Islam hadir ditengah – tengah masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat
akan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Untuk mencukupi kebutuhan
tersebut bantuan pemerintah sangat diharapkan.
Madrasah Ibtidaiyah Hayatul
Islam saat ini dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar mengunakan ruang
kelas yang belum layak dan belum memenuhi standar unut melaksanakan Proses Belajar Mengajar.
E. TARGET PEMBANGUNAN
1.
Meningkatkan mutu pendidikan di MI Hayatul Islam
Morosunggingan Peterongan Jombang.
2.
Terpenuhinya sarana pendidikan yang memadai agar
suasana kegiatan belajar mengajar menjadi kondusif dan representatif.
F. SUSUNAN KEPENGURUSAN
1. Ketua Yayasan :
Zainal Arifin
2. Kepala Madrasah :
Abd. Ghofur, S.Pd
3. Kordinator Administrasi : Mukhammad Al Azhar, S.Pd
4. Bendahara : Muhibbuddin Rohman SE.
5. Guru :
1. Abd. Ghofir, S. Pd
2. Syamsul Ma’arif, S.Pd.I
3. Eni Hafidhoh US. S.Pd.I
4. Moh. Taromin
5. Aminatus Sholihah, S.Pd.I
6. M. Choiruddin, S.Pd.I
DATA SISWA DALAM 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
DATA SISWA DALAM 3 (TIGA) TAHUN TERAKHIR
Tahun Pelajaran
|
Kelas I
|
Kelas II
|
Kelas III
|
||||||
Jumlah
Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jumlah Siswa
|
||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||
2014/2015
|
1
|
15
|
16
|
1
|
8
|
16
|
1
|
10
|
16
|
2015/2016
|
1
|
11
|
12
|
1
|
15
|
17
|
1
|
10
|
15
|
2016/2017
|
1
|
11
|
12
|
1
|
9
|
13
|
1
|
15
|
17
|
Kelas IV
|
Kelas V
|
Kelas VI
|
JUMLAH
|
||||||||
Jumlah
Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Jumlah
Rombel
|
Jumlah Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||
1
|
12
|
17
|
1
|
13
|
18
|
1
|
15
|
16
|
6
|
68
|
104
|
1
|
9
|
16
|
1
|
11
|
18
|
1
|
11
|
19
|
6
|
67
|
97
|
1
|
11
|
15
|
1
|
9
|
16
|
1
|
11
|
18
|
6
|
66
|
91
|
No comments:
Post a Comment