Breaking News

Tuesday, January 3, 2017

Cara Mengatasi Error Hasil Cetak Pada Corel Draw X7

Cara Mengatasi Error Hasil Cetak Pada Corel Draw X7

Cara Mengatasi Error Hasil Cetak Pada Corel Draw X7

indonesiacoreldraw.blogspot.com – Berdasarkan pengalaman kalau saya mau mencetak file corel draw x7 biasanya ada beberapa gambar/vector yang tidak tercetak, Error seperti ini sering terjadi pada saya.

Apakah sobat merasakannya juga? Atau punya pengalaman yang sama?

Nah kali ini saya akan memberikan tips sedikit untuk mengatasi masalah ini, jadi setelah membaca artikel ini sobat sudah bisa mengatasi masalah ini dan tidak menyalahkan mesin cetak, menyalahkan komputernya, menyalahkan tetangga sebelah atau menyalahkan pak RT.

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

1. Jadikan file vector Menjadi Bitmaps.

Cara ini adalah untuk menggabungkan semua objek-objek vector menjadi satu gambar yang kemudian tidak bisa dipisah-pisah lagi tetapi bukan digroup, kalau digroup masih bisa dipisah-pisah dengan hanya menggunakan Ungroup.
Cara bitmaps dibawah ini ya sobat :
Cara Mengatasi Error Hasil Cetak Pada Corel Draw X7

Kemudian muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, Silakan atur resolusi dan mode colornya:
Cara Mengatasi Error Hasil Cetak Pada Corel Draw X7

Setelah sobat convert ke bitmaps lalu sobat coba cetak kembali, kalau masih tetap ada beberapa objek vector tidak tercetak maka silakan sobat coba solusi kedua dan ketiga dibawah ini.

2. Export File Vector Menjadi JPG/PNG

Cara ini lebih manjur dan sekaligus bisa diatur Resolusinya dan ukurannya agar tidak mengurangi kualitas vectornya. Setelah itu baru sobat copy paste ke corel draw x7 dan silakan lihat hasilnya.

Kemudian masukkan kembali file JPG nya ke corel, kemudian cetak kembali sepengalaman saya berhasil namun terkadang biasa tidak sama sekali dicetak malah hasilnya kosong dikertas.

Kalau begitu solusi ketiga paling ampuh dan saya selalu berhasil.

3. Designya Pakai X7 Tapi Cetaknya Pakai X5

Cara inilah yang sering saya gunakan untuk menghindari error hasil cetak dan Alhamdulillah selalu berhasil. Pertama saya design dulu lewat x7 kemudian saya save as dengan X5.

Nah saat mau saya cetak saya menggunakan corel X5. Cara agar file corel x7 bisa dibuka di x5 adalah saat save as x7 maka sobat tinggal save as untuk corel x5 caranya seperti gambar dibawah ini:

Nah itulah segelintir pengalaman yang saya alami yang mungkin juga sobat alami, semoga dengan adanya solusi ini sobat tidak panik lagi.

Senang rasanya bisa berbagi ilmu yang bermanfaat apalagi sobat-sobat sangat membutuhkannya. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat form komentar sebisa mungkin saya pasti menjawabnya. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates